Halo sobat Administrasi! Mungkin sebagian besar mahasiswa baru maupun yang akan masuk ke jurusan Administrasi Publik/Negara sudah tau apa itu adminitrasi? Seberapa pentingnya administrasi? Kebanyakan orang atau masyarakat berpikir bahwa nantinya administrasi publik atau Negara hanya belajar tentang surat menyurat dalam negara dan pikiran-pikiran lainnya seperti pekerja kantoran dan masih banyak lagi. Sekarang ubah semua pikiran tersebut, yuk simak bersama!

Administrasi Publik/Negara merupakan suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif serta hal-hal yag berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, menejemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Seperti kita ketahui bersama pemerinthan kita saat in banyak diguncang berbagai polemik. Mulai dari pelayanan publik yang tidak tertata dan buruk dalam berbagai bidang hingga berbagai polemik tingkah para birokrat. Segala sesuatu bentuk pelayanan di negara ini, mulai dari pelayanan kesehatan yang sedang sensitif pada saat ini, kemiskinan, penagngguran, kualitas SDM dan sebagainya yang merupakan kajian dari Administarsi secara menyeluruh.

Adminitrasi bukan hanya menyoal ilmu ketik mengetik. Administrasi Publik/Negara adalah ilmu mengelola negara ilmu merencanakan pembangunan di daerah, pedesaan, perkotaan, mengatur urusan masyarakat, melayani masyarakat (public service) membangun masayarakat (empowering), meningkatkan kualiats pelayanan birokrasi, memperbaiki sistem birokrasi, membuat kebijakan yang menyangkut nasib orang banyak dan segudang pekerjaan lainnya.

Lulusan Program Studi Administrasi Publik/Negara dibekali dengan kemampuan, keterampilan, etika, dan pengetahuan tentang sistem administrasi, pemerintahan, birokrasi dalam demokrasi, keuangan negara, ekonomi politik, akuntabilitas publik dan pengawasan, menejemen pelayanan umum, administrasi pembangunan, menejemen perkotaan, administrasi lingkungan, kebijakan publik, hukum administrasi negara, administrasi kepegawaian, e-government, perencanaan dan menejemen strategi dalam sektor publik dan sebagainya, serta kemampuan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dan kemampuan mengambil keputusan.

Nantinya Sarjana Administrasi Publik/Negara dapat bekerja dan berkarir disemua lembaga pemerntahan dan non pemerintahan seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi pemerintah, lembaga keuangan , lembaga pelayanan publik (swasta/pemerintah), sebagai administrator profesioal, ahli Otonomi Daerah, ahi pengembangan bisnis, dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan meremehkan Jurusan Administrasi Publik/Negara ya, buat sobat administrasi yang sudah dan mau terjun ke jurusan Administrasi Publik/Negara harus tau prospek sebagai mahasiswa Administrasi Publik/Negara. Bukan zamannya lagi jika mahasiswa hanya duduk, diam, dengarkan, terus pulang. Kita harus lebih aktif belajar, membca, menulis, kemudian berorganisasi. Karena ilmu kita “Ilmu Adminitrasi” adalah ilmu yang menyangkut kehidupan banyak orang terlebih menyangkut negara kita sendiri yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semuanya bisa kamu dapatkan ilmunya di Adminitrasi Publik Unisa, yuk bergabung bersama kami!

Informasi pendaftaran

Kelas Reguler : 0856 4359 3021

Kelas Karyawan : 0815 7935 960