Skip to main content

Profil

Unggulan

Program Studi Administrasi Publik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta merupakan salah satu program studi yang dibentuk untuk menghasilkan profil lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang Administrasi Publik yang mencakup pelaksanaan, pengelolaan, dan evaluasi serta monitoring organisasi publik. Pengelolaan berkait dengan kepentingan publik (public interest) dan urusan publik (public affair). Lulusan Program Studi Administrasi Publik selain dibekali dengan pengetahuan dan skill pengelolaan organisasi publik juga dibekali dengan landasan etika yang kuat sehingga lulusan Administrasi publik mempunyai kapasitas keilmuwan administrasi publik yang unggul, terbaik tidak hanya dilingkup lokal, nasional tetapi juga internasional.

Sebagai Universitas yang didirikan oleh organsiasi perempuan Islam modern, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta memiliki landasan etika khususnya etika Islam yang kuat dan akan ditanamkan dalam setiap kajian keilmuan termasuk dibidang keilmuan Administrasi Publik. Dimensi moralitas khususnya moralitas tanggung jawab dan mengedepankan kepentingan publik akan dikedepankan dalam proses penanamannya. Administrasi publik tidak hanya ingin mencetak sarjana yang cerdas, inovatif, kreatif dan terampil tetapi Administrasi Publik memiliki harapan besar untuk dapat menghasilkan generasi bangsa yang memiliki moral serta landasan etika Islam yang baik. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta atau selanjutnya disebut UNISA merupakan pengembangan dari STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, yang berfokus pada dimensi kesehatan, untuk itu arahan pengembangan Program Studi yang ada di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta diharapkan akan berfokus pada wawasan kesehatan termasuk program studi Administrasi Publik.

Program

Reguler, Strata 1 (S1) untuk lulusan SLTA (SMU/SMA/MA/SMK).

Akreditasi

Terakreditasi oleh badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Profil Lulusan

  1. Manager: Sarjana yang bertaqwa, nerakhlak mulia, mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif, memahami inovasi bidang pelayanan, mengetahui isu-isu publik, memahami karekater bawahan, mampu memberikan motivasi, dan mampu berpikir kritis berlandaskan nilai-nilai Islam berkemajuan sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma’ruf nahi munkar.
  2. Peneliti: Sarjana yang menguasai konsep dan teori administrasi publik, metodologi penelitiandalam penelitian kebijakan publik/ kesehatan masyarakat yang menjunjung tinggi etika akademik serta berbasis nilai-nilai Islam
  3. Penggerak Sosial: Sarjana yang mampumemahami masalah sosial kemasyarakatan dan mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mengatasi permasalahan berbasis nilai-nilai Islam.
  4. Enterpreneur: Sarjana yang mampu berorientasi pada tindakan, berpikir simpel, mencari dan mengejar peluangusaha yang terbaik dengan disiplin tinggi, mampu mengambil keputusan secara tepat berlandaskan nilai-nilai Islam

Prospek lulusan kerja

  1. Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah
  2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  3. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
  4. Peneliti Kebijakan Publik
  5. Perusahaan Jasa Konsultan Sektor Publik
  6. Perusahaan Swasta
  7. Non Government Organizations (NGO) / Lembaga Swadaya Masyarakat

Rencana Strategis

Download (DOC, 635KB)

Rencana Operasional

Download (DOC, 464KB)