Yogyakarta, 21 Juni 2024 – Program Studi S1 Administrasi Publik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta kembali menyelenggarakan Kuliah Praktisi Mengajar yang bertemakan “Perilaku Organisasi dari Kacamata Praktisi.” Acara ini menghadirkan Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, MA, Peneliti Senior di Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang memberikan wawasan mendalam tentang perilaku organisasi dalam perspektif antropologi.

Kegiatan ini berlangsung selama dua sesi pada hari Jumat, 21 Juni 2024, dan Sabtu, 22 Juni 2024, mulai pukul 08.00 WIB, bertempat di Gedung Siti Moendjijah, Ruang SM.6.10. Dr. Sri Sunarti memulai perkuliahan dengan menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, yang terdiri dari tiga level pemahaman: individu, grup, dan organisasi. Ketiga level ini mempengaruhi kultur organisasi, termasuk karakter organisasi itu sendiri. “Di dalam organisasi, mesti ada perbedaan karakter karena punya latar belakang masing-masing. Terlebih perbedaan generasi, boomers, X, Y, Z, dll. Maka dari itu, penting bahwa organisasi mengelola setiap orang dengan aturan-aturan dan pendekatan-pendekatan tertentu sesuai problem,” jelas Dr. Sri Sunarti.

Tantangan perilaku organisasi saat ini setidaknya ada tiga hal. Pertama, keterlibatan karyawan yang berkaitan erat dengan komitmen terhadap suatu organisasi, yang pada gilirannya berpengaruh besar terhadap kinerja dan ketercapaian. Kedua, perubahan perkembangan teknologi dalam organisasi yang telah mengubah cara berkomunikasi di dalam organisasi. Ketiga, percepatan perkembangan informasi dan inovasi yang menyebabkan “dunia semakin merata,” menciptakan persaingan yang semakin ketat karena bisnis tumbuh dengan cepat setiap saat.

Perilaku Organisasi dalam Perspektif Antropologi

Dalam perspektif antropologi, perilaku organisasi dapat dilihat sebagai manusia yang hidup dan bekerja dalam kelompok. Memahami bagaimana manusia berperilaku, berkomunikasi, dan berkolaborasi dalam lingkungan organisasi bisa sama menantangnya dengan meretas hutan yang paling dalam. “Antropologi dapat dijadikan pendekatan untuk memahami masing-masing orang dalam sebuah organisasi,” ungkap Dr. Sri Sunarti.

Dr. Sri Sunarti memberikan contoh praktis dari perubahan status kelembagaan organisasi riset pemerintah. Lembaga-lembaga yang sebelumnya terpisah, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kini bergabung menjadi satu lembaga tunggal yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). “Kita bisa melihat BRIN dari sisi lembaga dan organisasi. Ada perbedaan antara lembaga dan organisasi, keduanya sangat penting untuk menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Lembaga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat terpenuhi dan kebijakan publik dapat diterapkan secara efektif, sementara organisasi bertanggung jawab untuk mencapai tujuan spesifik dan memotivasi karyawan untuk bekerja sama untuk mencapainya,” tambah Dr. Sri Sunarti.

Mahasiswa Administrasi Publik Unisa Yogyakarta menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kuliah praktisi ini. Mereka berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi dan presentasi kelompok, menunjukkan ketertarikan dan pemahaman yang mendalam tentang topik yang dibahas.

Memperkaya Wawasan Mahasiswa dalam Memaknai Perilaku Organisasi

Erni Saharuddin, S.Sos., MPA., dosen pengampu mata kuliah Perilaku Organisasi Program Studi Administrasi Publik UNISA Yogya, menyampaikan bahwa “Kuliah praktisi yang dilakukan dua hari ini adalah upaya program studi dalam memperkaya wawasan mahasiswa dalam memaknai perilaku organisasi secara komprehensif. Pemateri dengan latar belakang peneliti dalam bidang antropologi ini sangat cocok dalam mengupas aspek perilaku organisasi. Selain itu, pada kuliah praktisi ini mengajak mahasiswa untuk mendiskusikan strategi meningkatkan perilaku organisasi agar menciptakan lingkungan yang sehat dan produktif. Pembahasan ini tentu dapat menjadi bekal bagi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja” jelas Erni.

Kuliah Praktisi Mengajar ini tidak hanya memberikan wawasan teoritis, tetapi juga aplikasi praktis yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami dan menghadapi tantangan nyata di dunia kerja. Dengan kegiatan ini, Program Studi Administrasi Publik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan, mempersiapkan lulusan yang siap berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui pendekatan yang inovatif dan berwawasan luas.