Yogyakarta, 26 Oktober 2024 – Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial dan Humaniora (FEISHum), Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), telah menyelenggarakan kegiatan Pengumuman Inovasi Video Pembelajaran dengan tema “Adaptasi Tata Kelola Pemerintahan di Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity)”. Kegiatan pengumuman dilaksanakan pada Sabtu, 26 Oktober 2024, pukul 08.00 WIB di Laboratorium Administrasi Publik, Lantai Dasar, Gedung Siti Moendjijah, Kampus Pusat Terpadu UNISA Yogyakarta.
Acara ini merupakan bagian dari komitmen Prodi Administrasi Publik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis inovasi digital. Tiga dosen pemenang utama dari kegiatan ini adalah: Pertama, Erni Saharuddin, S.Sos., MPA. dengan video inovasi berjudul “Inovasi Pembelajaran Case Based Learning Melalui Video Interaktif Untuk Mengembangkan Pemikiran Kritis Dalam Praktik Birokrasi Dan Governansi”. Kedua, Gerry Katon Mahendra, S.IP., M.I.P. dengan karya “Strategi Pembelajaran Digital Pada Mata Kuliah Komunikasi dan Advokasi Kebijakan Publik: Pendekatan Kolaboratif Untuk Generasi Milenial”. Ketiga, Nur Fitri Mutmainah, S.IP., MPA. dengan video berjudul “Penerapan Pembelajaran Interaktif Berbasis Pemanfaatan Media Massa Dalam Analisis Kebijakan Kesehatan.”
Ketua Prodi Administrasi Publik, Gerry Katon Mahendra, S.IP., M.I.P., menyampaikan apresiasi atas partisipasi seluruh dosen Prodi Administrasi Publik dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang relevan dengan tantangan era VUCA. “Inovasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan adaptif dalam menghadapi kompleksitas tata kelola pemerintahan modern,” ujarnya.
Kegiatan ini menjadi langkah nyata bagi Prodi Administrasi Publik UNISA dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Dengan pendekatan interaktif yang dikembangkan melalui video pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat lebih memahami materi secara mendalam sekaligus mempersiapkan diri menghadapi tantangan birokrasi modern yang dinamis.