Sleman, 10 November 2024 – Program Studi Administrasi Publik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia. Kali ini, UNISA Yogyakarta melalui Laboratorium Administrasi Publik (Lab AP) berkolaborasi dengan UPTD Puskesmas Ngegong Kota Madiun menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellence dan Pelayanan Publik, yang berlangsung pada Sabtu-Minggu, 9-10 November 2024, di Kampus Terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yakni Muhammad Khozin, S.IP., MPA., Dosen Administrasi Publik UNISA Yogyakarta sekaligus pakar Service Excellence dan Sinta Maharani, S.Sos., M.I.Kom., Kepala Biro Humas Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Bimtek ini turut dihadiri oleh Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Dekan Fakultas Ekonomi, Sosial, dan Humaniora Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang relevan dengan pengembangan kapasitas pelayanan publik.

Meningkatkan Profesionalisme dalam Pelayanan Publik

Bimtek ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam serta pelatihan praktis terkait peningkatan kualitas layanan publik, khususnya di sektor kesehatan. Peserta Bimtek, yang merupakan tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Ngegong, akan diajak memahami berbagai aspek service excellence, seperti komunikasi yang efektif, manajemen kepuasan pelanggan, hingga strategi membangun pengalaman layanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Ketua Program Studi Administrasi Publik, Gerry Katon Mahendra, S.IP., M.I.P., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi UNISA dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan. “Alhamdulillah, kegiatan yang dilaksanakan Lab AP terkait Bimtek Service Excellence merupakan salah satu bentuk kontribusi kami dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan, khususnya pelayanan kesehatan di puskesmas. Bimtek yang dikemas secara fun namun substantif dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya diharapkan dapat menstimulus skill para pegawai puskesmas, khususnya dalam kegiatan pelayanan rutin harian. Lab AP akan selalu siap memberikan dukungan pada berbagai instansi yang hendak berkolaborasi dalam mewujudkan service excellence untuk masyarakat,” ujar Gerry.

Selain itu, dr. Kesi Wahyu Widarti, Kepala UPTD Puskesmas Ngegong Kota Madiun, juga memberikan apresiasi terhadap inisiatif UNISA Yogyakarta. Dalam sambutannya, dr. Kesi menyampaikan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Program Studi Administrasi Publik UNISA Yogyakarta yang telah memfasilitasi kegiatan Bimtek Service Excellence dan Pelayanan Publik untuk seluruh pegawai puskesmas. Pada kesempatan kali ini, semua pegawai kami dapat hadir dan mengikuti pelatihan bersama di UNISA. Kami berharap kegiatan ini dapat membawa dampak nyata dalam meningkatkan kualitas pelayanan kami.”

Kegiatan ini mencerminkan peran aktif UNISA dalam menjalin kolaborasi strategis dengan berbagai pihak untuk bersama-sama membangun pelayanan publik yang berkualitas. Selain materi inti, peserta juga akan diajak berdiskusi dan melakukan simulasi situasi pelayanan publik yang kompleks. Dengan pendekatan ini, diharapkan setiap peserta dapat memahami peran strategis mereka dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan pemerintah.