Skip to main content

Guest Lecture “Health Service Management” dan Summer Program di Timor Leste

Muhammad Khozin, S.IP, MPA, Dosen Administrasi Publik Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) menjadi Guest Lecture di Instituto Superior Cristal Timor Leste di Dili pada 26 April 2019 lalu. Adapun Tema yang dibawakan adalah Health Service Management, sebuah paparan tentang bagaimana pengelolaan layanan kesehatan kepada publik yang lebih baik.

Pelayanan kesehatan adalah bagian dari pelayanan publik yang merupakan amanah dari undang-undang. Safety Patient is Fist merupakan pesan akhir dari kuliah umum ini. Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok kesehatan masyarakat (public health service) ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bersama-sama dalam suatu organisasi. Tujuan utamanya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit, serta sasarannya untuk kelompok dan masyarakat.

Pada waktu yang bersaaman, Muhammad Khozin, S.IP, MPA juga melakukan kerjasama dengan Departemen Management and Public Policy Dili Institute of Technology Timor Leste. Rencana kerjasama akan dilaksanakn dengan progam Guest Lecture, Joint Reseach, Joint Publication, Summer Program and KKN Internasional.

Kerjasama ini diharapkan dapat membangun bangsa Indonesia maupun Timur Leste menjadi lebih maju dalam bidang pelayanan kesehatan, dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dengan pendidikan yang unggul berkemajuan, khususnya dalam pengembangan institusi pendidikan Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan Dili Institute of Technology Timor Leste.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *